Manfaat Daun Sirih

Posted by muhaimin On 22.57 | 1 comment
Manfaat Daun Sirih – Olahan tradisional yang sangat manjur dan aman dengan obat herbal salah satunya yaitu daun sirih. Sebenarnya apa saja sih manfaatnya ? dari daun tanaman rambat ini. Sebelumnya mari kita kenali. Sirih, daun yang biasa digunakan oleh orang-orang kuno dulu untuk menyirih ini ternyata memang merupakan tanaman asli Indonesia, dan memang sudah sejak lama disajikan dengan cara tradisional sebagai obat-obatan dan berbagai kebutuhan yang lain. Dengan daun yang besarnya bisa mencapai 5-8 untuk panjang dan lebar 2-3 cm ini memang sudah tersohor manfaatnya sebagai obat tradisional.
Tercatat dalam sejarah pengobatan trasisional bahwa daun sirih memang sering menjadi promadona untuk obat berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat dari daun sirih yang sudah sangat melekat dalam lingkungan masyarakat adalah untuk mengobati mimisan. Siapapun dan dimanapun saat melihat seseorang mimisan, yang terlintas pertama kali adalah untuk mencari daun sirih. Hanya tinggal dipetik, bersihkan dan lipat gulung lalu sumbatkan pada hidung yang mimisan, cara pengobatan tradisional yang sangat ampuh, terkenal, dan mudah penggunaanya.

Manfaat Daun SirihManfaat daun Sirih

Daun Sirih Sebagai Obat Herbal dan Cara Mengolahnya

Selain untuk mengobati mimisan, masih banyak juga berbagai penyakit yang dapat di sembuhkan dengan daunsirih. Memang tidak bisa dipungkiri, manfaat daun sirih untuk pengobatan memang sangat luar biasa. Berikut beberapa manfaat olahan daun sirih yang dapat digunakan dengan pengolahan secara tradisional yang sederhana :
1. Mengobati sakit mata
Sejak lama sirih dipercaya untuk mengobati sakit mata, dan terbukti manjur. Dengan merebus beberapa helai daun sirih gingga mendidih, lalu uapi mata dengan uap yang dihasilkan dari rebusan sirih tersebut.
2. Mengobati sariawan dan bau mulut
Rebus 2-3 lembar daun sirih dengan segelas air, rebus hingga mendidih dan air berubah warna, tunggu hingga dingin lalu gunakan untuk berkumur
3. Menghilangkan bau badan
Sama seperti cara mengobati sariawan dan bau mulut, hanya saja kali ini minum hingga habis air rebusan sirih tersebut
4. Mengobati luka luar
Tumbuk beberapa helai daun sirih hingga halus, lalu temperlkan pada borok, atau luka luar yang lainnya
Itu adalah beberapa resep atau cara mengolah daun sirih untuk dijadikan sebagai obat. Sebenarnya masih sangat banyak lagi penyakit yang masih bisa disembuhkan oleh daun sirih, bulai dari penyakit ringan hingga berbagai macam penyakit berat.

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Alami Dalam dan Luar

Berikut beberapa daftar yang berhasil saya peroleh untuk dapat kita manfaatkan bersama untuk kepentingan bersama pula :
Daun Sirih Untuk Pengobatan dari dalam
 Batuk
 Sariawan
 Bronchitis
 Jerawat
 Keputihan
 Sakit gigi karena berlubang
 Demam berdarah
 Bau mulut
 Haid tidak teratur
 Asma
 Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
 Gusi bengkak (getahnya)
 Membersihkan Mata
 Bau ketiak
Daun Sirih Untuk Pengobatan dari luar
 Eksim
 Luka bakar
 Koreng (pyodermi)
 Kurap kaki
 Bisul
 Mimisan
 Sakit mata
 Perdarahan gusi
 Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
 Menghilangkan gatal

Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

Khasiat daun sirih bermanfaat juga untuk wanita yaitu:
  1. Mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan, karena daun sirih mengandung zat antiseptic alami. Adapun cara mengolahnya yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih, dan air rebusan tersebut dipakai untuk membilas bagian organ kewanitaan tersebut.
  2. Bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Adapun caranya yaitu dengan diminum dan dioleskan. Untuk diminum, ambillah 5 lembar daun sirih rebus hingga masak lalu air rebusan tersebut minum dan lakukan setiap hari. Untuk dioleskan, caranya tumbuklah beberapa lembar daun sirih yang dicampur air lalu hasil tumbukan tersebut oleskan pada kulit wajah hingga merata dan diamkan beberapa menit setelah itu bilaslah dengan air hangat dan keringkan.
Banyak sekali bukan, sebenarnya memang sudah diakui dimana-mana bahwa memang obat tradisional olahan herbal memang lebih memiliki khasiat yang sangat manjur. Bahkan hingga saat ini pengobatan moderen pun masih banyak juga yang memanfaatkan obat obatan yang berasal dari olahan bahan bahan herbal. Karena memang sesungguhnya jika dikaji dari efek samping dan resikonya, obat herbal jauh lebih baik diterima tubuh manusia daripada obat dari hasil olahan kimiawi. Dan dari tanaman herbal yang sangat banyak diandalkan adalah daun sirih, yang hingga kini masih bisa kita rasakan hasil olahan dari daun sirih, yang memang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

1 komentar: